Analisis Video “Kubah Terbang”

2 04 2008

Kubah Terbang?

Beberapa waktu yang lalu, tengah malam, saya kesulitan tidur, karena dengan bodohnya minum 2 gelas kopi sekaligus pada sore hari. Bosan, saya nyalakan TV, ternyata Redaksi Malam Trans 7, dengan penyiar cantiknya yang berkacamata, memberitakan bahwa “sesuatu yang fenomenal” telah terjadi. Diberitakan bahwa dalam renovasi sebuah masjid di Jailolo, kubah dari masjid tersebut dinaikkan ke atas menara bukan dengan alat atau apapun, tapi hanya dengan “bacaan zikir”. Wah yang benar saja.

Kemudian Trans 7 memutar rekamannya, yang nampaknya diambil menggunakan kamera handphone / kamera digital. Ternyata benar. Sebuah kubah besar tengah “melayang-layang” dan “berputar-putar” di udara diiringi bacaan “La Illaha Illallah” yang terdengar aneh dan menakutkan. Saya takjub dan takut menyaksikannya. Takjub, karena di zaman seperti ini masih ada fenomena aneh yang bisa terjadi. Takut, tak lain karena suara lantunan zikirnya yang terdengar menakutkan (dikarenakan distorsi suara / kualitas rekaman kameranya yang mungkin tidak terlalu bagus), lagipula tengah malam itu tidak ada siapa-siapa lagi di kamar.

Penasaran, beberapa hari setelahnya saya mencoba mencari informasi tentang “kubah terbang” ini di dunia maya. Kebanyakan hasil pencarian yang muncul adalah tulisan yang juga mengenai rasa takjub serta puji-pujian kepada Tuhan karena kubah yang bisa terbang. Sampai kemudian, saya menemukan rekamannya di Youtube. Versi lengkap. 2 menit 58 detik.

Dan benarkah kubah ini terbang? Mari kita analisis rekamannya. 8)

Nampaknya kubah ini tidaklah benar-benar terbang. Bila diamati dengan seksama, terlihat beberapa bentangan tali yang menaikkan kubah tersebut ke atas. Hal ini juga yang menyebabkan kubah bergerak dengan gerakan yang konstan. Silakan amati skrinsyutnya di bawah ini.

kubahterbang1.jpg

Di area yang sudah diterangi itu, terlihat ada 3 bentangan tali yang menyangga kubah.

kubahterbang2.jpg

Di sini terlihat lebih jelas lagi. 2 bentangan tali terlihat dengan latar belakang genteng rumah yang kontras.

kubahterbang3.jpg

Bila Anda perhatikan dengan seksama, terlihat warna garis hitam dengan latar belakang awan putih. Itu adalah talinya.

Masih kurang jelas? Mungkin gambar yang sudah diinvert bisa lebih memperjelas.
Bisa dibandingkan dengan kabel listrik di bawahnya yang juga terlihat berwarna putih dengan latar belakang hitam (awan).

kubahterbang3b.jpg

Dan terakhir, coba perhatikan area di sekitar menaranya. Garis tipis itu adalah tali yang menaikkan sang kubah (paling jelas di gambar tengah).

kubahterbang4.jpg

***

Kesimpulannya, kubah tersebut tidak terbang, tapi ditarik oleh tali. Hanya persepsi masyarakat yang menjadikan kubah itu terbang.

Jadi, kenapa bisa timbul persepsi bahwa kubah itu terbang? Menurut saya nih, yang pertama karena perkataan si penyiar berita cantik tadi yang menyebutkan bahwa “sesuatu yang fenomenal telah terjadi”, pemirsa langsung mempunyai impresi awal tentang sesuatu yang fenomenal. Yang kedua karena rekaman kamera handphonenya sendiri yang kurang jelas, kemudian semakin tambah tidak jelas karena mengalami penurunan kualitas ketika ditayangkan di Televisi. Yang ketiga, karena diiringi bacaan zikir, sehingga mengesankan bacaan zikir itulah yang menaikkan kubah. Padahal dalam prosesi penaikkan kubah, bacaan zikir memang lazim dilantunkan. Yang keempat, kubah tersebut diselimuti kain yang berkibar tertiup angin, sehingga memberikan persepsi bahwa kubah tersebut sedang melayang sambil berputar-putar.

Masyarakat Jailolo yang menyaksikan kejadian ini secara langsung, mungkin tertawa-tawa ketika mendengar pemberitaan kubah terbang ini. Tapi mungkin bagus juga, karena bisa mendatangkan wisatawan ke masjid itu. Sekalian saja jadikan sebagai tempat wisata “kubah terbang”. :lol:

Nah, demikianlah penjelasan dari pakar multimedia wannabe yang kurang kerjaan ini.

Update ( Ditambahkan tanggal 25/05/08 )

Nampaknya ada beberapa komentator yang menganggap saya telah mengingkari kekuasaan Tuhan karena tidak menyetujui “terbangnya” kubah tersebut. Dengan ini, saya nyatakan bahwa sama sekali tidak ada usaha pengingkaran kekuasaan Tuhan dengan memuat tulisan di atas. Tulisan di atas adalah 100% pendapat pribadi saya setelah beberapa kali melihat video kubah terbang. Saya tetap meyakini bahwa kekuasaan Tuhan itu Maha Luas. Apakah kubah itu terbang atau dikerek tali atau ditiup-tiup, bagi saya itu tetap merupakan bukti kekuasaan Tuhan.

Sekali lagi saya sebutkan bahwa tulisan di atas adalah 100% pendapat pribadi, tidak ada paksaan untuk menyetujui atau tidak menyetujui isi tulisan di atas. Kebenarannya hanya diketahui oleh saksi mata dan Allah SWT.

Wallahualam bisshawwab.

UPDATE (lagi) – 30/05/2008

Situs Eramuslim menuliskan artikel yang bagus tentang cara menyikapi isu ‘kubah terbang’ ini. Klik di [sini] untuk membacanya.

UPDATE (lagi-lagi) – 23/08/2008

Analisa yang lebih teknis: http://superimposemalaya.blogspot.com/2008/08/misteri-perpindahan-kubah-masjid.html

About these ads

Aksi

Information

170 tanggapan

2 04 2008
edy

mangkanya jng kebanyakan minum kopi :lol:

2 04 2008
Gm.

Kirain mau ngomentarin video kubahnya… :lol:

26 06 2011
sultan azianda

pendapat pikiran anda masih kurang dengan kekuasan ALLAH SWT untuk membuktikan ini coba jawab pertanyaan saya.siapa ya
ng menarik tali mengangkat kubah,tali ini hanya mer

upakan pera
ntara saja

2 04 2008
rumahkayubekas

Jadi si penyiar ini yg salah bilang ato gimana? Jangan2 si penyiarnya juga minum kopi kebanyakan,

2 04 2008
bayuhebat

kayanya bukan penyiarnya tapi masayarakatnya juga minum kopi kebanyakabn

2 04 2008
trisetyarso

pertama kali saya tonton itu, saya merinding abis …

sekarang ikutan ketawa ngakak dengan warga ambon itu … kakakakak

3 04 2008
deteksi

ahahahaha…

pertama kali diputar saya sudah tidak percaya kok kalo terbang

3 04 2008
311thoth

wakakkaak
kocak juga ternyata.

3 04 2008
uwiuw

yah…padahal dikira terbang beneran… :-| …ternyata bo’ong

3 04 2008
chatoer

gak mungkin terbang, berat gituh

19 08 2010
ANDRE

apanya gak bza terbang, mungkin aj tuh kekuasaan tuhan

29 08 2010
RENATA

yoi bro gx ada yg gx mungkin bagi alloh klo alloh dh berkta kunfayakun mangka terjadilh yg iya hendaki………..

4 04 2008
kumanz

ada lagi yang ganjil….videonya nggak satu take

21 08 2010
rani

iya… ada yang di potong ….

4 04 2008
Gm.

@Aki Herry / bayuhebat
He2x.. “kebanyakan minum kopi” sebenarnya hanya prolog & tidak penting. :lol:

@trisetyarso
Sama merinding, ternyata tertipu…

@deteksi
Kalo saya malah percaya duluan. Pas liat videonya kedua kali, baru rada aneh, “kok kayak ada tali ya.”

@311thoth
Iya kocak, penipuan massal. :lol:

@uwiuw
kuciwa?

@chatoer
iya. :D

@kumanz
Masa iya? Di-edit sama si perekamnya mungkin.

8 04 2008
kutu air

beritanya bisa jadi benar bisa jadi juga tidak. analisanya juga bisa jadi benar juga tidak karena bahan penyelidikan hanya dari video rekaman handphone. rentangan tali yg dicurigai untuk menaikkan kubah bisa jadi juga kabel listrik untuk pengelasan besi kubah atau juga kabel mikrofon untuk sound system masjid ke menara. analisa yg paling tepat dan mendekati kebenaran sih ya wawancara langsung dengan penduduk tsb.

30 08 2012
syamsudin

kebenaran hanya milik Allah.memang kubah tsb tidak terbang dengan sendirinya.melainkan dgn bantuan tali.dan saya melihatnya langsung.pd wkt itu saya bertugas d dermaga feri ds.kailolo pulau haruku ambon.pd th 2007.

9 04 2008
Gm.

@kutu air
Iya, yang paling mendekati kebenaran sih wawancara langsung dengan penduduk. Tapi berhubung saya ada di Bandung, jadinya ya cuma bisa analisa videonya. :D

Tapi kalo beneran terbang, kayaknya pada pingsan deh yang nontonnya. :lol:

9 04 2008
DensS cessario

ahahaha… aku nonton film ini di TBI, langsung buat deh entry-nya pas malemnya.. wokwowok..

lagi2 trackback manual deh… :P

Allah Swt. berfirman: “(Dialah Tuhan) Yang Mengetahui yang ghaib, maka Dia tidak memperlihatkan kepada seorangpun (sesuatu) tentang yang ghaib itu. Kecuali pada rasul yang diridlai-Nya.” (TQS al-Jin [72]: 26-27)

13 04 2008
sabil

dikira tuh beneran

taunya ga

dah kaget awal2:lol:

13 04 2008
Gm.

@DensS cessario
Weleh, ni anak doyan trackback manual… :lol:

Allah Swt. berfirman: “(Dialah Tuhan) Yang Mengetahui yang ghaib, maka Dia tidak memperlihatkan kepada seorangpun (sesuatu) tentang yang ghaib itu. Kecuali pada rasul yang diridlai-Nya.” (TQS al-Jin [72]: 26-27)

Tapi ada juga lho, hal gaib yang bisa terlihat. Soalnya keluargaku pernah ngalamin. :???:
Maksud ayat di atas mungkin, sesuatu yang gaib tuh, Surga, Neraka, Akherat dll. CMIIW

@sabil
Sama, sempat kaget juga awalnya. :lol:

29 04 2009
RND

saya sepakat dengan Denss itu jawaban yg tepat dan untuk lebih tepat lagi wawancarai warga / saksi mata pada kejadian tersebut

17 04 2008
Nita

bisa jadi itu suatu keajaiban tuhan. ya Allahu ‘alam deh. pokonya jangan sampe nimbulin sara tau finah deh

17 04 2008
Gm.

@Nita
Iya Wallahualam. Saya hanya tidak ingin menyempitkan kekuasaan Tuhan ke hal-hal yang sifatnya gaib/mistis/tidak bisa dijelaskan akal saja. Karena hal apapun / kejadian apapun sebenarnya merupakan bukti keajaiban & kekuasaan Tuhan ‘kan?

Ada pak haji lagi jalan, trus ketiban buah mangga juga ‘kan termasuk bukti keajaiban & kekuasaan Tuhan. :lol:

3 05 2008
Putra

apapun statement Anda, yang pasti Anda tidak bisa memvonis bahwa kubah itu menggunakan tali. Klo Anda sekolah, Anda seharusnya berpikir bagaimana beberapa utas tali bisa menyangga beban ribuan kg dengan keseimbangan yang stabil. Skg saya tanya dgn Anda, bisakah Anda buat sedemikian rupa klo teori Anda itu benar? TEORI ANDA SAMA SEKALI TIDAK MASUK DIAKAL terlepas benar atau tidaknya kubah itu terbang. Jadi tolong cari alasan tepat lain yg masuk diakal. Dan dugaan saya, Anda bukan seorang MUSLIM. Saya harap Anda bisa lebih bijak dalam memberikan statement yang bisa menyesatkan, padahal Anda sendiri tidak tahu kebenarannya.

29 04 2009
Rende

Yoi Putra, itu jawaban yang paling tepat untuk orang2 yang coba2 mematahkan kebenaran ajaran ISLAM, BTW semaju dan se modern apapun jaman sekarang maupun nanti tetap kekuasan Allah SWT tidak akan terdilusi. Boleh mengandalkan logika tapi jangan pula mengenyampingkan hal hal ghaib sebab keberadaan kita diatas bumi juga merupakan hal yang ghaib dan Permasalahan Kubah Terbang itu masih merupakan hal kecil dan bagaimana pula dengan bumi yang mengambang sedemikian besar dan sedemikian beratnya apakah bukan sesuatu yang ghaib?

5 03 2010
Ghazali

Masa ALLAH….

Rekan2 jangan mudah menuduh orang kafir (non muslim)
hanya karena pendapat bahwa kubah itu ditarik dengan tali….

terlalu kecil kalau kita ingin menunjukkan kebesaran ALLAH dan kebenaran AGAMA ISLAM hanya dengan kubah terbang….

perhatikan matahari, apajadinya kalau ALLAH turunkan sekian centimeter aja, mungkin bumi ini langsung hancur lebur….

lihat keteraturan alam semesta ini itulah bukti yang NYATA dari KEKUASAAN ALLAH….

kalau kita berpikir terlalu picik, maka akan mudah dipatahkan oleh orang2 yang memang membenci Islam dan tidak percaya adanya ALLAH….

kalau kita membandingkan dengan pesawat terbang….
ingat yang menciptakan pesawat terbang bukan ALLAH tetapi non Muslim, nanti mereka akan dengan mudah mematahkan kekuasaan ALLAH…
mereka akan berkata “Enak aja bilang pesawat terbang kekuasaan ALLAH, itu yang buat Perusahaan di Amerika dan Eropa yg nyata2 mereka membuatnya dengan akal dan mereka bukan muslim”

Bisa2 karena kita membandingkan kekuasaan ALLAH dengan mengambil contoh pesawat terbang…. nanti orang Amerika dan Eropa suruh kita menyembah mereka karena mereka yang menciptakan pesawat terbang…
MEREKA akan bilang kekuasaan ALLAH sudah diberikan kepada bangsa Amerika dan Eropa shg mereka bisa buat pesawat terbang….

pesawat atau apapun yang manusia ciptakan dibumi ini berasal dari akal yang ALLAH berikan…
Silahkan kita baca Al-Qur’an sangat banyak ayat yang menyuruh kita menggunakan akal, sehingga dengan demikian akan mempertebal iman kita….

kesimpulannya :
1. Jangan kita mengkafirkan seseorang yang mengunakan akal untuk mengungkap sesuatu….

2. Selain itu kita juga dilarang mendewakan Akal, sebagaimana halnya bangsa yang tidak mengakui Allah…
Sebagaimana Firman Allah
“kalian tidak diberi ilmu pengetahuan kecuali sedikit” QS al-Isra’ [17]: 85).

Hanya kepala Allahlah semuanya akan kembali…..

8 05 2008
Gm.

Halo mas Putra, saya jawab ya komentarnya. :)

apapun statement Anda, yang pasti Anda tidak bisa memvonis bahwa kubah itu menggunakan tali.

Iya, saya akui ini, karena saya memang orang yang tidak berada langsung di tempat kejadian. Yang saya lakukan hanyalah menganalisis videonya. Saya menyebutkan bahwa kubah itu terangkat dengan tali karena memang saya lihat ada tali yang menyangganya. Lihat deh di menit-menit awal, seiring kubahnya terangkat, ‘tali-tali’ di belakangnya ikut-ikutan bergerak juga.

Klo Anda sekolah, Anda seharusnya berpikir bagaimana beberapa utas tali bisa menyangga beban ribuan kg dengan keseimbangan yang stabil.

Yang saya maksud dengan ‘tali’ di sini tentunya adalah tali yang kuat, tali baja, tali besi atau tali kawat, bukan tali jemuran. Saya hanya menuliskan ‘tali’ saja karena saya berasumsi bahwa setiap orang juga akan mengartikannya sebagai ‘tali yang kuat’.

Terus apakah kubah itu terangkat dengan stabil? Lihat deh videonya, jalurnya memang stabil (dari tanah langsung ke menara), tapi gerakan kubahnya sendiri tidak stabil, bergerak kesana kemari tertiup angin.

Skg saya tanya dgn Anda, bisakah Anda buat sedemikian rupa klo teori Anda itu benar? TEORI ANDA SAMA SEKALI TIDAK MASUK DIAKAL terlepas benar atau tidaknya kubah itu terbang.

Kalau menurut saya sih begini: Ada kubah yang dinaikkan dengan tali kuat ke atas menara masjid di Jailolo. Kebetulan ada seseorang yang merekamnya dengan kamera/kamera handphone. Kualitas rekamannya tidak terlalu bagus. Kemudian video rekaman tersebut tersebar kemana-mana, tanpa disertai keterangan yang jelas mengenai peristiwa di rekamannya. Kemudian karena tali yang menaikkan kubahnya tidak terlihat dengan jelas di rekaman video, maka seolah-olah kubah itu sedang terbang. Maka timbullah persepsi tentang “kubah terbang.”

Nah, tidak masuk akalnya dimana?

Tapi terlepas benar atau tidaknya, saya tidak tahu pasti, karena memang bukan orang yang menyaksikannya secara langsung. Saya hanya berpendapat.

Dan dugaan saya, Anda bukan seorang MUSLIM.

Kalau boleh tahu, kenapa mas Putra bisa menduga bahwa saya ini bukan seorang muslim? Saya muslim kok. :(

Ah ya, kenapa dihubungkan dengan Agama?

Saya harap Anda bisa lebih bijak dalam memberikan statement yang bisa menyesatkan, padahal Anda sendiri tidak tahu kebenarannya.

Terima kasih sekali sarannya, akan saya jadikan bahan introspeksi, supaya bisa untuk lebih bijak. ;)

Dan kalau boleh saya memberikan saran juga, maka saya sarankan supaya tidak menjadikan perbedaan pendapat ini sebagai sesuatu yang bisa memecah – belah. Hanya karena saya berpendapat bahwa kubah itu tidak terbang, bukan berarti saya sedang menyangkal kekuasaan Tuhan. Yang ingin saya katakan sudah ditulis di komentar sebelumnya, bahwa kekuasaan Tuhan itu maha luas dan meliputi segala hal, bukan hanya hal-hal yang gaib, mistis, dan tidak bisa dijelaskan dengan akal saja. Jadi kubah ini terbang atau terangkat dengan tali, sama-sama bukti kekuasaan Tuhan ‘kan? Tidak ada penyangkalan di dalamnya. ;)

Dan akhirnya, segala sesuatu kembali pada diri masing-masing dan hanya Tuhan-lah yang Maha Tahu segalanya. :D

*Doh, saya harap ada orang Jailolo/saksi mata langsung yang bisa menjelaskan peristiwanya.*

19 08 2010
bintang

kubah terbang?? sangat kecil bagi ALLAH,lihatlah gunung2 hancur lebur,air laut meluluh lantakkan bumi,mengangkat dan melemparkan kapal yang jauh lebih berat dari kubah,dalam waktu detik ALLAH membinasakan ratusan ribu manusia,apakah semua itu masuk akal?? karena akal manusialah yg sgt terbatas!!sangat kecil dan lemah.

8 05 2008
Gm.

Hm… ternyata bukan topik diskusi yang terlalu bagus. :?

18 05 2008
dayat gitu loh......

pertama kali liat, gw bener2 kaget, merinding, dan juga klo itupun bener2 terjadi gw yakin Allah Maha Besar jadi gak usah heran lagi. Toh yang ngelakuin itu Allah. dan kalau pun itu boongan, mereka yang pada dose…….Bener Ga??????????

19 05 2008
depok

> TEORI ANDA SAMA SEKALI TIDAK MASUK DIAKAL

Jadi bingung mana yang masuk akal sebenernya, pake tali ato terbang ?? :D :D :D

(Gak usah dijawab deh, pasti udah pada punya jawaban dalem hati kan….)

21 05 2008
Totok Sugianto

setelah ketenaran Masjid dengan Kubah Emas di Depok, sekarang ada lagi Masjid dengan Kubah Terbang.. :D

24 05 2008
ajis

saya akan kasih ada PR…. bagaimana dengan masjid Agung di aceh yang terkena sunami…..TAPI TIDAK HANCUR……. APA ADA PLASTIK BENING YANG MELINGKARI MASJID UNTUK MENJAGA MASJID AGAR TIDAKKEMASUKAN AIR DAN TERTIMPA AIR DERASSSS…SUNAMI………

31 08 2010
ronyk

itu tandanya Islam disuruh tekun lg untuk Sholat, kali aja gt

24 05 2008
ajis

CARI BUKTI KALAU ANDA TIDAK YAKIN AKAN KUBAH TERBANG…….BUKAN DARI ANALISA FILMYANG ANDA LIHAT…… BIAR TIDAK JADI HASUT MAS…..

25 05 2008
Gm.

@dayat
Iya, Allah Maha Besar. :D

@depok
Semua jawaban benar kok, semuanya kekuasaan Allah. :D

@Totok Sugianto
Udah ada blogger yg kesana belum ya? Mungkin bisa memberitahu apa yang sebenarnya terjadi. :D

@ajis

saya akan kasih ada PR…. bagaimana dengan masjid Agung di aceh yang terkena sunami…..TAPI TIDAK HANCUR……. APA ADA PLASTIK BENING YANG MELINGKARI MASJID UNTUK MENJAGA MASJID AGAR TIDAKKEMASUKAN AIR DAN TERTIMPA AIR DERASSSS…SUNAMI………

Oh iya, saya tahu tentang masjid itu. Saya juga pernah mendapatkan fotonya (klik di [sini]). Iya, itu memang bukti kekuasaan Allah, juga sunami (tsunami)nya, juga ratusan ribu korban jiwanya, juga semuanya, adalah bukti kekuasaan Allah SWT.

Dan… Hubungannya dengan kasus ini apa ya? :)

CARI BUKTI KALAU ANDA TIDAK YAKIN AKAN KUBAH TERBANG…….BUKAN DARI ANALISA FILMYANG ANDA LIHAT…… BIAR TIDAK JADI HASUT MAS…..

Sekali lagi saya katakan, bahwa tulisan di atas adalah 100% opini saya. Dan masalah yakin/tidak yakin, saya rasa itu adalah hak pribadi setiap orang. Bukan maksud saya untuk menimbulkan hasut. Mohon maaf bila tidak berkenan. :)

1 06 2008
soib

bumi yang tergantung, langit yang tidak bertiang cakrawala yang bertaburan diangkasa raya telah diciptakan Allah begitu rupa, kenapa ia tergantung,mengapa ia berdiri tanpa tiang ,mengapa ia bertebaran semuanya itu mempunyai sebab musabab yang tentukanya,bukan perkara pelik jika sebab itu tidak nampak dimata,ataupun jelas dimata-namun supaya kita tidak hilang fakus marilah kita sama-sama mempercayai Allah sebagai tuhan ia tunggal tidak berbilang-bilang-ia pencipta-terjadi dengan sendirinya..iamembuat sesuatu dengan sebab musabab juga boleh bertentangan sebab-musabab-pada pengetahuanya yang ghaib dan yang zahir…..kubah terbang sama tak dengan piring terbang?

2 06 2008
Merry

Walah… Ada lage..! Yang mendukung dan yang nggak tentang kebenaran fenomena ini.. yang penting jangan sampe jadi ribut. mendingan tunggu orang yang ikut dalam proses penaikan Kubah itu dateng.. biar jelassss..!

3 06 2008
Tulisan Saya Dimuat di Swaramuslim.net « An [Un]Scientific Journal - FajarGM’s Weblog

[...] baru tahu. Ternyata tulisan saya tempo hari, mengenai analisis video kubah terbang, dimuat juga di situs Islami, Swaramuslim.net dan Forum Ukhuwah Islam (FUI). Saya sendiri baru [...]

3 06 2008
Fajar GM

@soib
*Mengamini*

kubah terbang sama tak dengan piring terbang?

Walah, ndak tau. :D

@Merry
Ya, sama. Saya juga mengharapkan ada saksi mata yang bisa memberitahu apa yang terjadi. Terutama sang perekamnya, karena dia bertanggungjawab atas apa yang dia rekam. :D

6 06 2008
deniar

Well, tidak ada sesuatu tanpa Kehendak Allah. Andaikan benar itu diangkat dengan tali, itupun tak luput juga dari Kehendak Allah.

Cukup dewasalah dan bijak menilai ini semua. Sama halnya ketika kita bisa menerbangkan pesawat, orang2 terdahulu (mungkin) tanpa ilmu juga menganggap ini adalah hal yang tidak masuk akal. Namun dengan penelitian dan sains itu semua bisa jadi masuk akal.

Kalo ada yang bilang bagaimana ini semua bisa diangkat dengan tali?
Lah wong selama ini kalo angkat2 begituan memang pake tali koq. Contoh aja bangun kerangka besi atau pasak bumi gedung2 bertingkat, ditarik dan diangkatnya juga pakai tali. Coba lihat bagaimana Crane dapat mengangkat bahan2 bangunan? dengan tali bukan? Mungkin pemilihan kekuatan dan kelenturan talinya yang baik.

Hukum gaya tarik-menarik (walau dikemukakan oleh Newton) itupun sebenarnya ilmu dari Allah. Semua ilmu yang ada di dunia ini tak lepas ilmu Fisika adal ilmu Allah.

Sekarang bagimana membuat logika tali bisa mengangkat ke atas? Tinggal buat saja Gaya tarik ke atas > Gaya berat kubah masjid itu. Pasti memiliki nilai percepatan (a) ke atas.

7 06 2008
Fajar GM

Well, tidak ada sesuatu tanpa Kehendak Allah. Andaikan benar itu diangkat dengan tali, itupun tak luput juga dari Kehendak Allah.

Hukum gaya tarik-menarik (walau dikemukakan oleh Newton) itupun sebenarnya ilmu dari Allah. Semua ilmu yang ada di dunia ini tak lepas ilmu Fisika adal ilmu Allah.

Betul sekali den, itu yang ingin saya sampaikan, bahwa apapun yang terjadi, dari buah apel yang jatuh ke tanah sampai roket yang bisa meluncur ke Bulan, sampai hal apapun tak terkecuali, semuanya adalah bukti kekuasaan Allah SWT.

Kekuasaan Allah kadang-kadang sering dipersempit hanya ke hal-hal yang gaib, sehingga ketika ada yang mengkritisi hal gaib tersebut secara ilmiah, atau secara logika, langsung disebut kafir™ atau tidak mempercayai Allah. Sampai-sampai ada pemikiran bahwa orang yang menggunakan logika adalah orang yang kafir™.

Tulisan saya di atas merupakan analisis yang berangkat dari opini pribadi, dan tanpa ada maksud ke arah keyakinan.

7 06 2008
Fadhli Rafiqi

kalo diperhatikan kan masih banyak bangunan yang selamat karna sunami, bukan hanya mesjid, liat didekat mesjid itu ada rumah yang selamat. hmmm…

9 06 2008
atem

hari gini masih yang goib2. pantesan indonesia ngga maju2.

gue setuju ama lo fajar GM
bukti kekuasaan allah ngga harus seperti itu, dari yang simple2 aja. kita nafas aja itu udah bukti kekuasaan allah. kita punya tubuh dan otak untuk berfikir itu juga kekuasaan allah .
“mangkanya pake otak, sayang udah dikasih kesempurnaan oleh allah ngga di pake”

hahahahhahahhahaha. ngga bisa bayangin gw orang jailolo pasti pada ngakak nih lihat berita.

12 06 2008
Fajar GM

@Fadhli Rafiqi
Semuanya tidak terlepas dari kehendak Tuhan. :D

@atem
Ya, saya juga tidak tahu pastinya, mas. :D

2 07 2008
Ahli Fizik

Hai, Pak . Mana bisa 2 utas tali menampung kubah yang beratnya berton-ton gitu.. .Pokoknya kalau engak beriman macam macam alasannya.

2 07 2008
Fajar GM

Memangnya parameter orang beriman itu seperti apa? :roll:

10 07 2008
ratno setyabudhi

kubah itu beratnya ga nyampe ber ton 2 ….kubah biasanya hanya terbuat dari lempengan sejenis seng…dan gakan nyampe ber ton2

10 07 2008
ekaris

oh, pake tali ya ?
analisis yang cukup memuaskan Jar…
tapi pas liat videonya emang kurang jelas keliatan ada tali. Jangan-jangan talinya Pareidolia ? (hehe)

11 07 2008
Fajar GM

@ratno
Wah gak tau tuh, saya bukan ahli kubah. :mrgreen:

@eka
Haha, bisa jadi. :lol: Tapi walaupun begitu, yang pasti itu juga terjadi atas kehendak Tuhan. :)

21 07 2008
salmaalifahbudi

Menurut saya nih :
Emang bener tuh Video mengenai pemasangan Kubah Di Menara Mesjid.
Terus video di buat, telat, shot awal di mulai hanya pada saat kubah mulai naik ( ntah dengan tali atau tidak ).
Kenapa? Hape tu orang, belum bisa merekam dengan durasi yang panjang seperti hape2 yg canggih sekarang ( Nokia Serie N misalnya ).
So, informasinya jd gak begitu jelas juga.
Kalo ada yang bilang berat kubah ribuan ton, gawat juga, ntar menaranya kuat gak ?
Jadi yg bener tuh, paling puluhan kilo… Gitu..

Kesimpulan?
Tuh video menceritakan mengenai pembangunan masjid pada tahap pemasangan kubah, dengan mengunakan suatu cara yang normal aja, karena warga sekitar bubar teratur dengan santai seperti tidak terjadi hal istimewa.

Yang bersalah, udah tentu yang membumbui penyebaran tuh video.
Trans TV dong yang harus bertanggung jawab.

Thanks.

26 07 2008
bagus

ini kan cuma sarana untuk saling nyalurin pendapat aja, harusnya gak perlu ada orang yang sampe nyangkal ttg ini lah,

27 07 2008
Dewa

Biarpun misalkan itu boongan.Aq…tetep percaya itu KEKUASAAN ALLAH SWT karena Allah telah menciptakan manusia sehingga manusia itu, dengan gigihnya ingin mendirikan Rumah Allah dia mempunyai IDE untuk menaikan kubah itu. nah IDE nya itu adalah kekuasaan Allah/Ciptaan Allah.. La Ila ha Illallah… Muhammadur Rosulullah..

31 07 2008
Bhima

Mas, sudah tany ama orang di sekitar masjid itu belum? tanya donk biar jelas :)

17 08 2008
Hamba Allah 212

Kubah itu terbang. Kalo dikerek pake tali ngapain ngereknya jauh-jauh gitu dari towernya. apalagi beratnya puluhan kilo. Apalagi kalo ada yang mengatakan pake tali kecil halus, pasti bergoyang2 dia. Anginnya waktu itu kencang banget, 2003. Masak lu pada gak percaya sih pada kekuataan Allah YANG MAHA BESAR. Lu semua dilahirkan dari perut IBU trus keluar jadi makhluk bernapas itu juga ajaib dari ALLAH. dari makhluk kecil hingga dewasa trus akhirnya jadi pelawan dan suka berbantah-bantahan. Membantah ilmu ALLAH yang meliputi langit dan bumi serta diantara keduanya. Lu aja yang jarang liat benda bisa terbang seperti ini. Kalo lu masih gak percaya silahkan datang ke sana dan tanyakan pada penduduk daerah setempat. Gambar di atas yang di sangka tali itu adalah atap rumah. Jikalo masih lom percaya silahkan zoom pake monitor dengan resolusi 1600 ke atas. Layar 24″ LCD. Atap rumah dianggap tali. ada2 aja pakar multimedia di atas. terlalu banyak minum kopi. KEKUASAAN ALLAH ITU NYATA BOS. Makanya kita selalu berzikir, sekali lagi lu aja yang jarang melihat momen seperti ini. banyak Kekuasaan ALLAH yang lainnya..BOS.

17 08 2008
Fajar GM

@ Hamba Allah 212
Kesimpulan terakhir ada di tangan pembaca semua. :D

BTW, belakangan ini saya memang jadi semakin kecanduan sama kopi. :?

*lost focus*

21 08 2008
apetah

terbukti ianya palsu..
disini pun ada buktinya :)

27 08 2008
Rahmah

Kamu tidak boleh memberi kepuasan kepada semua orang, tetapi kamu boleh memberi kepuasan kepada golongan yang berakal, beradab dan terpilih – Ibnu Maqaffa

9 09 2008
mharisman

Jika Allah berkehendak memperlihatkan secara hitam putih suatu kebenaran, maka adalah sangat mudah bagi-Nya untuk melakukannya dan tidak ada sesuatupun yang dapat menghalanginya.

Tetapi, manusia diciptakan bukan untuk hal sesederhana itu – hanya untuk melihat kebenaran hitam putih (mukjizat/keajaiban yang sangat nyata) tanpa perlu proses pencarian, fikr, dan kemudian berserah diri. Manusia diberikan kemampuan akal dan kalbu yang sangat powerful, dimana dengan bekal itu kita ditugaskan untuk menggali dan mendapatkan kebenaran itu dari dasarnya, tentunya dengan tuntunan utama Al-Qur’an.

Keajaiban / mukjizat terpampang setiap hari dihadapan kita, baik disadari ataupun tidak, tetapi berapa banyak orang yang melihat/mengalami mukjizat tersebut yang menjadi beriman tanpa rahmat dari Allah?

Pada saat Nabi secara kasat mata memperlihatkan Mukjizat yang dikaruniakan kepada beliau (ada ratusan mukjizat yang dirangkumkan dari hadits shahih, yang secara lengkap dapat dilihat pada buku-buku yang sudah banyak beredar), namum pada waktu itu berapa banyakkah yang menjadi beriman dengan hal tersebut? Terkadang, malah mukjizat tersebut menjadi cobaan, bukannya menjadi peneguh.

Mari kita berkonsentrasi mempermantap Aqidah dan menebalkan Iman, utamanya di bulan Ramadhan 1429H ini, dengan melakukan satu step langkah maju, mulai melakukan tadabbur Al-Qur’an – mempelajari isi Al-Qur’an. Boleh jadi dengan ilmu yang terus bertambah, suatu saat mata bathin kita terbuka sehingga dapat melihat secara jelas hakikat yang mungkin masih belum terlihat oleh kita di saat ini.

Wallahu’alam bisshawab.

9 09 2008
mharisman

Analisa Perbandingan/Ratio :

Terlepas kubah itu terbang sendiri (tanpa media fisik, pakai jin dan semacamnya?) atau menggunakan teknologi (pakai tali, dan semacamnya), keduanya jauh dari patut untuk dijadikan acuan Iman.

Kalau dengan adanya kubah kecil (model kubah yang di video, beratnya mungkin tidak lebih 100Kg, konstruksi rangka pipa galvaniz 1/2″ dengan plat stainless yang sangat tipis) yang terbang (tanpa media fisik), yang jarak tempuhnya paling 100 – 200 meter saja, mewajibkan kita untuk meyakini bahwa itu bukti kebesaran Allah, maka bagaimana dengan fenomena Pesawat Terbang yang mampu membawa beban ratusan Ton (bukan ratusan Kg saja) dengan jarak ribuan Km (bukan hanya ratusan meter), atau fenomena pesawat antariksa yang bisa keluar dari bumi??

Saudaraku, jangan terpaku dengan hal kecil ini (yang kebenarannya juga masih rancu) cobalah lihat kesempurnaan penciptaan manusia dan luas/dahsyatnya alam semesta yang tercipta ini.

Alam semesta yang terhampar nyata di depan kita, belum nampak dimana ujungnya. Hingga saat ini manusia sudah mendeteksi jarak obyek yang hingga milyaran tahun cahaya. Bayangkan, jika kita berkendaaran CAHAYA, untuk sampai ke obyek yang kita bisa deteksi saat ini, kita memerlukan waktu MILYARAN tahun untuk tiba disana. Jarak 300.000 kilometer dapat ditempuh hanya satu DETIK dengan naik CAHAYA. Bayangkan! dengan Naik Cahaya saja yang sudah demikian cepatnya, butuh Miliaran Tahun untuk sampai. SUBHANALLAH ALLAHU AKBAR!!!

Komentar :

Sangat disayangkan, bahwa TV Trans7 secara tidak bertanggungjawab menayangkan video ini secara ‘mentah’ tanpa melakukan investigasi mendalam di lokasi dengan wawancara langsung ke pengurus Masjid terkait, warga di sekitar, dan aparat pemerintahan lokal. Biaya untuk investigasi semacam ini sangat murah untuk ukuran TV, mungkin hanya dengan satu slot iklan saja sudah tertutupi.

Kalau lihat analisa-analisa di Internet, kejadian perekamaan adalah tahun 2003? (kalau benar di tahun 2003, maka kemungkinan perekaman pakai Kamera Digital dan bukan HP berkamera, karena hebat kalau HP ber-kamera sudah sampai ke daerah tersebut 5 tahun yang lalu).
Tayangan di Trans7 baru pada Maret 2008.

9 09 2008
bima

Saya kok liat beberapa komentar terakhir yang ngotot bersikeras bahwa kubah mesjid itu benar2 terbang adalah orang2 yang sengaja mau mancing di air keruh (sengaja biar makin kelihatan keluguan kita yg sempat tertipu…). Jangan ditanggapi lagi ntar makin rame atuh..

19 08 2010
patraputra

mungkin malah yang “memfitnah” video tersebut menggunakan tali yang memancing di air keruh…

logikanya nggak masuk pak,

kalo cuman pake tali bisa, buat apa ada tower crane, mobile crane, dengan sling bajanya yang banyak…. secara ilmu konstruksi terlalu nggak masuk akal, kalo hanya pake tali bisa mengangkat ribuan kilogram.

percaya atau tidak memang video tersebut tidak masuk akal.

23 08 2010
adin

kalo g nyampe ribuan kilo kan masih masuk akal….

11 09 2008
sapimoto

Senyum-senyum aja baca komentar yang masuk. Penjelasan penulis dalam form komentar ataupun komentar lain yang mengatakan bahwa kejadian ini hanyalah sebuah kejadian yang dibesar-besarkan, sepertinya tidak dibaca oleh orang yang menemukan artikel ini.

Salut untuk FajarGM, salam…

12 09 2008
bili

dari pada perang pendapat di dunia maya…. lebih baik ikutin saran si kutu air……

beritanya bisa jadi benar bisa jadi juga tidak. analisanya juga bisa jadi benar juga tidak karena bahan penyelidikan hanya dari video rekaman handphone. rentangan tali yg dicurigai untuk menaikkan kubah bisa jadi juga kabel listrik untuk pengelasan besi kubah atau juga kabel mikrofon untuk sound system masjid ke menara. analisa yg paling tepat dan mendekati kebenaran sih ya wawancara langsung dengan penduduk tsb.

ayo…. sapa ygf mo investigasi langsung….

18 09 2008
Bakoel Kopi

yaaa…itung2 buat refreshing masy ajah, dr pd harus ngliat berita politik/berita kerusuhan terus kan jenuh !! jangan d ambil pusing laaaaaaaaahh….

20 09 2008
gus sur

geetooo ajah kok reeepooot!!!!!!!!

29 09 2008
echo wahyu

quw tau berita ini malah dari masjid bisa quw sholaatt..

quw pingin liat rekaman aslinaaa..

quw bisa hubungin sapaaa????

30 09 2008
On the Google Toplist… « An [Un]Scientific Journal - FajarGM’s Weblog

[...] Kata kunci: “Kubah Terbang“ Merujuk kepada post “Analisis Video Kubah Terbang“. [...]

30 09 2008
abdullah

coba kita logikakan aza, mungkin ndak sebuah kubah yang beratnya ribuan kilo bisa melayang,hanya dengan 2 kali,sekarang saya tanya darimana di angkat tu kubah, pakek helikopter jga ndak, pakek katrol jga ndak, tapi semua hanya Allah yang lbih mngetahui, karena hanya dia yang mengetahui apa yang tidak kita ketahui

13 10 2008
iza

ya.. udah deh gak usah dipusingin!!itu aja kok repot.. hanya Allah SWT yang tau kebenarannya.sebagai kesimpulan dari pemikiran pakar-pakar analisis diatas,gw kasih tau neh..terlepas dari bener ato gaknya tu berita,ambil aja deh positifnya!kalo ne berita emang bener,ya udah berarti kita-kita pade disuruh tobat coz kiamat dah mo deket kan dizaman sekarang suatu keanehan kayak gitu dah sering kita denger misalnya kayak pisang bertandan jagung,trus asma Allah diperut anak ayam yang baru netas,n lain-lain.ya..bisa jadi keanehan itu tanda-tanda akhir zaman coz setau gw Allah akan memperlihatkan keanehan atau kegaipan jika masa itu dah dekat karna hal itu penting buat manusia yang berpikir tentang tanda-tanda kekuasaan-Nya n mau segera sadar dari kesombongannya hidup dibumi ini.

dan kalo ne berita gak bener,ya..udah deh!! berarti saat itu orang disana emang lagi masangin kubah mesjid make tali.setau gw kubah mesjid itu beratnya gak nyampe berto-ton kale,kalopun iya sah-sah aja donk diangkat pake tali yang kuat.kok bisa ??? tanya kenapa ??pernah belajar fisika kan ??ilmu fisika itu emang gak masuk akal tetapi dapat dicerna logika n diterapkn tuk teknologi.bingung??coba loe pikir atap rumah kenapa dibuat kayak sgi tiga,kenapa gak datar aja?ya..kalo loe manjat atap mungkin mo benerin genteng bocor ato moberencana bunuh diri,jadi atapnya gak anjlok cos keseimbangan benda itu dah merata dengan membagi berat benda sama besar.

coba lagi loe pikir dua buah tiang kecil ditegakkan sejajar trus diantara kedua tiang itu diatasnya dihungkan dengan kertas lalu diatasnya ditaroh benda,bisa ga?kira-kira jatuh gak ya kertas n tiangnya??bisa-bisa aja,caranya dengan melipat-lipat kertas seperti kipas mainan jadi berat benda menjadi terbagi dan seimbang.ilmu itu luas coy..subahanallah hanya kepunyaan Allah semua ilmu yang ada didunia ini.

ya..udah lah mendingan tu mesjid dipake buat sholat berjamaah aja rame-rame.orang dah susah2 bikinnya masa jadi perdebatan kayak gitu sih.buang-buang waktu aja kale…………..

14 10 2008
zori

Ini juga masih analisis,

jadi aneh juga, kalau komen nya langsung pada percaya sama analisis ini…

hahahahhaa….

dasar manusia

10 11 2008
arief

logikanya tali yang bisa angkat tuh tali apa? trus yang ngangkat tuh siapa? atau alat apa?
yah mungkin kamu selalu mengedepankan rasional aja….tapi di pikir ulang… sayang imanya terkotori oleh ketidak percayaan kepada hal yang ghoib ( baca kembali rukun iman)
mungkin anda non muslim?

10 11 2008
arief

kun fa ya kun

16 11 2008
Tantan

ini sih beda pendapat/opini mirip ama shalat subuh pake qunut apa tidak ? he..he..he :D
lebih baik ga usah diperpanjang kalo pingin jelas mending pada liburan pergi kesono.

20 11 2008
malay guy

Kawan-kawan dan saudara-saudara. Bacalah kisah Bani israel yang suka minta benda-benda pelik dan aneh. Beginilah … jika kisah kubah terbang itu menambahkan iman, teruskanlah percaya. Jika tidak percaya dengan kubah terbang itu, tetapi masih kuat imannya pun bagus juga.

Yang penting soalan dalam kubur tidak termasuk soalan mengenai kubah terbang itu. Kita akan ditanya tentang amal kita dan bukannya soal percaya atau tidak kubah itu terbang.

Yang penting kita kena ingat bahawa tidak guna amalnya banyak, ilmu yang luas tapi jiwa kita kesombongan dan berasa bangga dengan amalan-amalan kita. Ke syorga kita itu nanti hanyalah semata-mata kasih sayang dan kasihan Tuhan kepada kita. Jadi berusahalah untuk disayangi dan merayu-rayulah pada Tuhan agar kita dikasihani.

Wassalam …

9 12 2008
maniack

salam saudara… nampaknya pengamatan saudara begitu tulus dan sohih..
saya juga berpendapat bahawa kubah itu tidak benar2 terbang dengan bacaan zikir, sebaliknya dinaikkan dengan menggunakan akal yang dikurniakan Allah SWT.. laungan zikir itu merupakan adat bagi masyarakat setempat apabila bahagian terakhir – selalunya kubah, dipasang atau dinaikkan untuk melengkapi masjid yakni rumah Allah SWT.. tambahan lagi, jika benar2 dinaikkan tanpa sebarang alat, mungkin berita ini tersebar dengan lebih meluas dengan lebih banyak gambar2, tetapi hanya terdapat satu video sahaja yang berlegar-legar di youtube..

lihatlah kejadian manusia, kejadian siang dan malam, putaran planet2 dan banyak lagi.. mengapa mesti dengan perkara pelik dan ajaib baru beriman sedangkan kekuasaan Allah di sekeliling kita tidak diambil iktibar dan pengajaran.. perbetulkan tanggapan anda sekalian rakan, kita menyakini Allah sebagai opencipta yang agung.. tiada salahnya mempercayai video ini, kerana zat zikir itu sendiri mempunyai banyak manfaat, tetapi berhati-hatilah.. jangan sampai kerana video ini umat islam berpecah belah dan saling berselisihan faham..

wassalam

18 12 2008
adenan bahari

Assalammualaikum..,
Saya 100% yakin akan kekuasaan Allah ,apa pun atas kehendak Allah semata mata tetapi pasal kubah tu saya yakin dengan haqqulyakin bahawa kubah itu dinaikkan menggunakan tali!juga atas kehendak Allah ! ya memang apa pun tidak boleh keluar dari kehendak Allah taala.Kita tidak perlu taksub dengan yang bukan bukan..Kalau betul tentu satu dunia dah heboh!Tengoklah ada manusia diatas menara menyambut kubah tersebut ,kalau terbang sendiri tidak perlu lagi orang menunggu /menyambut kubah tersebut biarkan ia mencari kedudukannya sendiri.kita jangan mudah terpedaya atau diperbodohkan oleh camera….@ orang lain…

7 01 2009
endo

kalo bnar di tarik kuat btul orangnya..d tarik dr mana tu tambangnya smpai lurus…

26 01 2009
JINul

Jangan banyak bacot,
lu pada dah solat apa belom?

sah apa kaga?

baik apa kaga?

cebok lu bersih apa kaga?

baca quran apa kaga?

malu apa kaga?

7 03 2009
rades

asslm allkm…..orang awam mo nanya neh….

itu kejadiannya taon 1993 kan…???

emangnya taon 1993 indonesia dah punya hp kamera ya…:d??????

17 04 2009
demen

mkn’y itu mah naksir x ma penyiar nya….
hhehe;…..

24 04 2009
Kubah Terbang dan DNA dalam Al Quran « Tamim’s

[...] internet, indikasi bahwa ini adalah hoax sudah disinyalir beberapa pihak. Silahkan baca ulasannya disini dan disini. Videonya sangat mungkin benar, tapi tentang kubah yang terbang adalah sangat diragukan. [...]

4 05 2009
borneo

bodok lo pade..tu orang lg bangun masjid truz dinaikin pake tali..cuman orang yang jahil aja yang ngatain tu kubah terbang..q sendiri liat dimaluku waktu itu…ni pasti kerjaan orang nasrani ni yang mo ngadu dombain islam

11 05 2009
kirun

sing pentiñg ojo jotos2an yo mas yo….

21 12 2009
priketew

halah

22 05 2009
akhwat

assalamualaikum…
ana yakin ini semua kekuasaan dari Allah SWT 100% haqqul yakin. Situ percaya sama kebesaran n kekuasaan Allah kan? ga mungkin lah bisa ditarik sama tali,beratnya aja ribuan kg,ga mungkin kan??? bisa aja tu kubah emang beneran terbang. Antum tau arti na “KUN FAYAA KUN” KAN?

25 05 2009
hassan

Could someone please provide an english translation of the above article for those who cannot understand it

27 05 2009
destiawan

Ya.. Ampun masih aj pada ribut
Gini aj deh dari pada ribut

Dateng aj lngsung ke TKP.
Tanya sama penduduk setempat, tanya juga panitia pembangunan masjid waktu itu, tanya juga kuli yang bangun masjid itu, klo perlu tanya sekalian perangkat desa nya.

Nah kalian pasti akan dapat jawabannya…

Nggak usah pada berantem lewat komentar

Peace…

21 12 2009
priketew

TKP …hmmm TKP ( tempat kejadian pemerkosaan) so km ya yg habis di ituiiinnn…ZZZ

27 06 2009
bloggembel

berita seheboh ini, baru tahu saya ada berita kek gini… hehehee…

14 07 2009
firman

bagus itU!!!!
Masih Mending Yg terbang kubahnya Dari Pada Masjidnya yang terbang1!!1 Ayou!!
NTAr Ngak Ada Yang Sholat!11
H3 H3! eeee!

21 07 2009
erwan

Walloualam
Mudah mudahan
Aku menjadi Lebih Berfikir

22 07 2009
Andi Mulyandi

ITU BUKAN JIN DAN BUKAN OLEH TALI….
itu sebenarnya dapat di jelaskan secara logis dan ilmiah…
KASUS SEPERTI ITU SAMA HALNYA SEPERTI MENYUSUN BATU – BATU BESAR SEHINGGA MENJADI CANDI, YA.. CANDI PRAMBANAN..CANDI BOROBUDUR…
nah…
kalian pasti berkomen…itu kan jaman dulu mana mungkin bisa menggunakan teknologi canggih…dulu tidak ada teknologi…
kata siapa?????
justru jaman dulu teknologinya lebih canggih dari pada sekarang.

buka google ketik “VIMANAS” , “CORAL CASTLE”, “RAHASIA- RAHASIA GRAVITASI”
buka Al-Qur’an.
That’s it

4 11 2009
Bari A M

kubah terbang emang gk masuk akal , tapi di kerek pake tali ( kek bendera aja ) apa mungkin ??? kubah kan beratnya mungkin berkilo – kilo sedangkan agar tipuan berhasil butuh tali yang begitu tipis sehingga kasat mata
nah pertanyaan saya apa ada tali seperti itu , setipis sutra sekuat baja ( baja juga kyknya putus klo setipis itu dipaksa ngangkat kubah kyk gt ) …..
mohon pecerahannya om , klo pertanyaan ini udah pernah di lontarkan orang maaf ya males baca dari atas sampe bawah soalnya he he he ….

28 11 2009
Ryan

Tak tambahin, Allah memang Maha kuasa atas sesuatu.Kita semua yakin itu, tapi ga semua yang keliatannya aneh terus difonis ajaib. Seperti bukti2 yang udah disebutin diatas.Lagian klo itu aneh bin ajaib tentunya expresi wajah masyarakat nyang nonton ga sesantai itu. Minimal pada bengong dan ga ada yang ga merhatin. Terlepas dari ntu semua, tuh ada yang menunjukkan keajaiban yang Allah ciptakan dan mungkin tak kita hiraukan……Alquranul karim…….Keajaiban yang udah tidak bisa terbantahkan lagi.

21 12 2009
priketew

kubah terabang…so…keren di amerika juga ada manusia terbang…superman..batman…setau saya kalau di indonesia itu ada yang bisa terbang juga namana gatot kaca..jadi gatot pakai kaca…hehehehehhe tambahin mata jadi gatot pakai kaca mata….ZZZ..is justkidding….ok…

30 12 2009
UA

Ada-ada saja..
Perdebatan sengit slama setahun..
Seru banget ohmm..
Wes yo, di tutup diskusine..
hehehe..
Wassalam..

3 01 2010
peluang usaha

Makasih penjelasannya. Kebetulan saya baru lihat kemarin, dapat dari teman.

8 02 2010
amexchou

kerenlah kalau githu …saya bisa cuma bikin badan terbang alias fly….bakoeng hehehe

13 02 2010
metal

MAU BENAR APA TIDAK, MAU TERBANG APA TIDAK KUBAHNYA … KALAU PERCAYA TUHAN GAK PERLU HAL-HAL MISTIK ATO GAIB TERLIHAT.
ANDA PERCAYA DENGAN TUHAN, ITU SUDAH CUKUP.
KARENA MASNYA INI HANYA NGASIH OPINI BUKAN MENGHAKIMI
BERARTI TINGKAT KEIMANAN ORANG YANG MERASA DIRINYA PALING BERIMAN ITU TERNYATA MASIH RENDAH
IQRO’ MAS … BODOH AMAT

2 03 2010
Muh. Fakhruriyadin

Makanya kaum muslimin kita semua belajarlah Islam, Ilmu secara kafah sampai akhir hayat, niscaya kita akan semakin mudah membedakan antara yang benar dan bathil serta semakin dekat dan yakin kepada Allah swt. Amiin.

5 03 2010
AHMAD

TOLONG MINGKIN SALAH PERSEPSI…….

5 03 2010
Ghazali

segala sesuatu didunia ini selalu tunduk dengan Sunatullah
hal yg sepele spt itu aza harus diributkan….
kekuasaan Allah itu maha luas, kita kesampingkan masalah kubah terbang

satu hal, berita tsb ditayangkan oleh stasiun TV yg tujuannya hanya RATING

kock bisa2nya kita menuduh seseorang bukan muslim hanya sekedar menyatakan pendapat…. ingat hal itu bisa berbalik kediri sendiri, jangan mudah memvonis seseorang non muslim kalau kita tidak kenal siapa dia….

ingat ALLAH SWT memberikan kita AKAL….
kock kubah terbang dihubungkan dengan pesawat….
PESAWAT bisa terbang karena ada angin (udara) dan juga karena dengan akal yang ALLAH berikan kita bisa berfikir, sehingga terciptalah PESAWAT TERBANG….

KAPAL INDUK terbuat dari besi, kenap[a bisa mengapung, sedangkan besi tenggelam diair,,,,

itulah gunanya ALLAH memberikan kita AKAL shg kita bisa berpikir dan memaksimalkan apa2 yang telah disediakan ALLAH didunia ini….

jangan nanti dibilang saya hanya menggunakan akal…..

sebagai manusia ALLAH menyuruh kita menggunakan AKAL….
tidak hanya percaya dan takliq begitu saja….

INGAT : HANYA 2 PENUNTUT HIDUP yang patut kita percayai yakni AL-QUR’AN n HADIST….

JADI tidak elok rasanya kalau kita tidak percaya dengan kubah terbang dikatakan bukan MUSLIM….

KEKUASAAN ALLAH TERLALU LUAS…..

AMIIIIN

5 03 2010
Ghazali

+ an….

iman itu adanya dihati…..
akal itu ada dikepala…..

dua-2nya ALLAH sediakan untuk kita….
AKAL,
ALLAH berikan supaya dengan akal tsb kita bisa mempertebal iman kita

kebenaran HANYA dari ALLAH
kesilapan dari kita manusia

17 03 2010
7net

GM….you have amazing brain.

20 04 2010
orang

makanya..kita harus prhatikn dulu sih…lihat tu ada talinya….
insaf2 la ye!!!!!!!!
siapa sih yg menarik talinya..aku bingung deh

20 04 2010
owang

kamu ada cewek di tmn inderapura jerantut phg ya..

20 04 2010
faruk

aku salut sama anda, dengan begitu jelinya mengamati penomena seperti, yang memamng dimasyarakat kita hal demikian menjadi sesuatu yang sangat wah…., antara akal dan metafisika seringkali membuat masyarakat kita kaku ./……… sekali lagi aku salut sama anda dan aku setuju dengan hasil nya….

9 06 2010
iller

kalian tu gimana c?

yg rasional tu tanya sama penduduk sekitar !

ada yg ngomong pake tali gak masuk akal.
(APALAGI TERBANG) yang ngomong gak punya akal brarti !

Ada yang tanya kenapa masjid tidak hancur ketika tsunami?
Itu bisa banyak faktor, mngkn uang pembangunannya banyak.

Asal kalian tau di sana masjid juga banyak banget yang hancur dan rusak, BUANYAK BANGET !!!

Jadi jangan berlebihan.

Bersikaplah lebih rasional.(bagi yang ngatain tidak rasional)

Jika itu benar, maka…..
kita ga usah pake tenaga lagi untuk mengangkat kubah, cukup pake doa aja

Jika itu benar maka mujizat
Jika salah berarti ada pihak yang punya niat buruk

Contoh :

ada pihak yang punya niat buruk, dia menyuruh orang2 untuk melihat lalu merekam gambarnya, padahal yang diangkat cuma karton pake tali, Tapi klo diliat pake kamera kaya gitu pasti ga kliatan bedanya .

beres kan

20 06 2010
sigit santoso

ya saya tau maksud anda.saya yg prnh hidup di daerah ambon tau krna pda saat kerusuhan d ambon apa pun mukzizat bsa trjadi,asal kta niat yg ikhlas.dan buat kebenaran.namun d sertai hati yg bersih.

20 06 2010
sigit santoso

saya yakin itu benar.krna saya pernah tnggl d daerah sana.Demi ALLah.

6 07 2010
kawulo cebolang

kepada pelempar bola awal, saya turut menesal, karena bola panas yng ada lempar tidak kembali dimainkan dengan cantiknya dan apinya pun dipadamkan.
bagi saya cukup rasional pendapat anda dengan mengungkapkan pemasangan kubah menara dengan teknik tersebut.
1. saya yakin hal itu adalah sebuah kekayaan lokal (local genius) masyarakat Ambon
(harus diakui bahwa mereka sangat cerdas). pengangkatan kubah dengan teknik tersebut memang sering dilakukan terlebih bagi saya yang banyak bergelut dengan hal tersebut, karena banyak dari proses produksi film menggunakan teknik tersebut, (biayanya sangat murah), dari pada harus menyewa alat pengerek.mengapa harus miring, karena kalau bersifat vertikal sangat beresiko tinggi.
2. pernyataan anda sangat benar mengenai hasil rekaman, resolusi kamera hp kecil, tidak secanggih kamera para rumah produksi. dan terkadang film-film pun mempunyai kwalitas rendah, lihat beberapa film yang ditayangkan di TPI, khususnya film-film yang mengangkat kolosal dan berlatar tradisi, seperti mak lampir dan sebagainya.
3. berdzikir, telah menjadi kewajiban/kebutuhan kita (umat muhammad) untuk berdzikir, dimana pun kita sebara, apapun aktivitasnya.
4. mengenai kekuasaan allah azzawazala, semua memang kekuasaan allah, terlepas orang itu mengakui atau tidak akan keberadaannya. tidak ada sesuatu apapun yang bisa dilakukan oleh manusia, karena pemilik mutlak dari manusia adalah allah subhanahuwataa’la.
5. mengenai ilmu pengetahuan, terkadang kita seperti mercusuar, dimana melihat orang barat (eropa) pintar, sedang kita sangat bodoh, pendapat tersebut naif, karena banyak yang menciptakan rumus-rumus dan teori adalah kaum muslim. karena pewaris terakhir dari kebudayaan hellenistik adalah mereka, kita mengetahui ibnu sina, ibnu farabi, al-jabar, dan lain-lain mereka laj yang terakhir merumuskannya, jadi ketika islam sebagai rakhmatan lil alamin, maka sebagai pemeluk islam dituntut untuk mengaplikasikannya baik dengan ilmu pengetahuan atau hal-hal lainnya.
6. pernyataan saya harus dikritik, karena dengan kritik kita akan mengerti seberapa kecil diri kita, dan mampu menghargai orang lain, terlepas dari hal itu mengejek atau menyanjungya
terima kasih…

11 07 2010
RationalEquation

Gw lebih mencoba untuk berpikir rasional, gw mengenyampingkan pikiran spiritual (mukzizat atau apapun itu namanya) dalam masalah ini, sudah terlihat jelas kalau kubah itu ditarik dan disangga dengan tali, tidak usah dikait-kaitkan dengan mukzizat. Gw sendiri ga percaya dengan mukzizat, gw bertahan dengan pendirian gw.

30 07 2010
rhiisa

subhanallah ,.

10 08 2010
mukhlason

kalo melihat gambar yg sudah diinvert / dibuat negatifnya, memang semakin terlihat peranan si tali. Saya duga, kubah tersebut tidak seberapa berat. Kabel sling baja mampu untuk mengangkat, apalagi bila memang jumlahnya tiga utas.
Jadi, jangan mudah menganggap orang ingkar terhadap kebesaran Allah hanya karena tidak percaya kalo kubah itu bisa melayang.

Kalo kubah yang benar2 terbang, ada di perum Beringin Indah, dekat Layang Trosobo, Krian, Sidoarjo. Beritanya sudah masuk di jawa pos. Kejadiannya sekitar bulan Mei 2010. Kubah terbang karena ditiup angin kencang di sekitar lokasi. (blog.mukhlason.com

10 08 2010
areline die

Itu semua adalah kuasa Allah SWT mk dari itu kuatkanlah iman kita
ocle……………

16 08 2010
joni

Nah Pertanyaannya Gimana Kubah Itu Ditarik Tali Keatas, Sedangkan Ga Ada Orang Yg Narik, Hayoohh????

19 08 2010
rossa yasmin

saya takut dengan keajibai ALLAH

19 08 2010
Rida

D silet Rcti lg dbahas tuh. Tryt emang gak terbang lho! Hal biasa. KATANYA

19 08 2010
patraputra

Siapa?…Roy Suryo?…. manusia bermuka dua begitu di percaya…

Percaya tuh sama Allah…

kalo memang kata roy suryo pake tali bisa….

mungkin kontraktor nggak butuh crane atau mobile crane… untuk mengangkat ribuan kilo material

lebih irit kali yak…

19 08 2010
patraputra

menarik oom analisanya,

Kalo tali gak mungkin oom…. emang layangan!

selama saya ngangkat barang pake tali, untuk 10 kilo kardus saja minimum banyak simpul tali, untuk mengangkat orang naik gunung dan berjalan butuh 2 tali besar diameter sekitar 5 mm-10mm

misalkan menggunakan sling baja, peregerakannnya ngak bisa lurus…. pasti akan berbentuk parabola, apalagi ada angin besar. sling akan melengkung.

di kedua ujung sling harus diikat dengan kuat, gampangnya mirip Flying fox…, untuk mengangkat manusia saja butuh ikatan yang kuat di kedua sisi tali…

mungkin memang ada tali, tapi ada kekuatan besar dibalik tali tersebut. wallahualam bissawab

19 08 2010
patraputra

menarik oom analisanya,

Kalo tali gak mungkin oom…. emang layangan!

selama saya ngangkat barang pake tali, untuk 10 kilo kardus saja minimum banyak simpul tali, untuk mengangkat orang naik gunung dan berjalan butuh 2 tali besar diameter sekitar 5 mm-10mm

misalkan menggunakan sling baja, pergerakannnya ngak bisa lurus…. pasti akan berbentuk parabola, apalagi ada angin besar sling pasti akan melengkung.

di kedua ujung sling harus diikat dengan kuat, gampangnya mirip Flying fox…, untuk mengangkat manusia saja butuh ikatan yang kuat di kedua sisi tali…

mungkin memang ada tali, tapi ada kekuatan besar dibalik tali tersebut. wallahualam bissawab

19 08 2010
dsy

itukan cuma opini seseorang,,,benar or ga”y ya wallohualam,,,mau pake tali or terbang sekalipun itu tetep “KEKUASAAN ALLAH” karna kalau emang pake tali trus Allah berkehendak talinya putus ya pasti tuh kubah jatoh…tapi tuh kubah sampe kan ke menara,,,berarti itu semua karena kekuasaan Allah,,,
Pada intinya kita jangan larut dalam hal2 yg seprti itu,,lebih baik perbanyaklah untuk mengingat kebesaran alloh agar keimanan kita bertambah…………………………………….
Bisa saja itu semua hanya rekayasa orang2 yang ingin merusak akidah orang islam….sehingga dari berbagai pendapat tersebut dapat menimbulkan perpecahan di antara umat islam………………………………. :-)

19 08 2010
TREE COOL

kebiasaan orang Indonesia klo ada yang aneh dikit heboh,trus pada brtngkar krna bda persepsi….peace bro!ALLAHU AKBAR,klo Allah mau patung liberty bisa dibw trbang smpe ke ujung langit,so jgn ribut2 soal kubah terbang,kita smua bersaudara

19 08 2010
patraputra

setuju bro. kalo Allah mau apapun bisa terbang…

19 08 2010
patraputra

InsyaAllah… tulisan anda tidak bisa membuat Tidur anda tenang seumur hidup, amin yaa rabba alamin… percayalah itu.

dan ingat Kaum muslim tidak mudah terprovokasi… Karena Islam merupakan rahmat bagi seluruh Alam.

19 08 2010
Among

Ya itu trgantung diri kita sndiri aja,,,,,
mau tali atopun ga nya,,,
percaya aja,,,,
kata2 Allah SWT
Kun Faya Kun
Jdi Maka Jadilah,,,

nah skrg banyakkin aja n pertebal aja iman kita,,,,
Betul Ga,,,,,

19 08 2010
Bivi

betul,betul,betul…..yg penting sih jangan pernah meninggalkan sholat,apapun kenyataannya wallahu alam

19 08 2010
think...

Alhamdulillah…dgn adanya video itu dan membaca beberapa opini yg mendukung “keajaiban” di video itu,saya mengucap syukur kepada Allah karena mata saya jadi terbuka dan bisa melihat dan membaca dgn jelas bahwa saudara2x saya di tanah air ini banyak yg masih “bego” krn dgn mudahnya mempercayai begitu saja.Tenang…saya tdk bermaksud menyudutkan siapapun,cuma…saya senang melihat bahwa…banyak saudara2x kita yg masih bisa kita permainkan…Amien.

19 08 2010
Heboh

Ternnyata berita usang yang uda ada di tahun 2008 krn kesalahan salah satu station televisi di negara ini yang tidak melakukan verifikasi ulang berita sebelum di siar, KOKKKKKKKKK di HEBOHKANNNNNNNNNN LAGIIIIIIIIIIII

19 08 2010
with

trus sebetulnya yg asli pegimane? ada klaifikasi dr jailolo belum sih?

19 08 2010
Heboh

Wahai Musuh Allah, Sesungguhnya Sudah Ada Balasan untuk mu. Celaka Di Akhirat, dan Semoga Cepat juga kau mendapat celaka di dunia ini. Amin

20 08 2010
Farid Rachman

Share dikit ah……

Sebenernya saya udah lihat video ini waktu tahun 2008-2009 tapi kenapa malah baru sekarang di gembar-gemborkan yak…. wkwkwk

Sudah jelas juga bahwa disana banyak saksi mata yang menyaksikan berjalannya kubah tersebut di karenakan Tali dan juga karena ada pembangunan masjid.

Jadi intinya kubah ini bisa berjalan keatas adalah karena di tarik nya oleh sebuah tali.

Subhanallah Allah S.W.T. telah menunjukkan kepada manusia tentang betapa hebatnya manusia bisa menarik kubah hanya dengan tali itu.

Terus juga jangan terlalu di perpanjang lebar masalah ini, jangan-jangan masalah ini di siarkan melalui TV agar Indonesia bisa melupakan masalah-masalah kriminal pemerintahan yang lebih penting di banding kubah ini. Jangan terkecoh hanya karena ini.

Sekian, Syukron.

20 08 2010
dermawanbakri

wah gan mau nanya…
sebelumnya thanks berat bwt infonya…

eh tp klo ditarik pke tali?? penyangga talinya harus lebih tinggi minimal 1,5x nya tinggi menara gAn?

Tp luar biasa bwt mas fajar…
thanks bwt blognya n infonya…

20 08 2010
sentot

jangan pada kerah ya . ya . ya , yo kita pada ketempat asal cerita, eh omong2 di sekitar kubah terbang ada yang punya internet nggak ya, mestinya mereka juga pada baca kisruh ini, mbok bapak2, ibu2, embak2 , emas2 di sana jawab deh yang sebenarnya , biar kita kita yang tadinya berakal jadi lepas akal, he . he . he , skalian numpang kenal gitu.

24 08 2010
pahmi

kk ikut cln ikam kk kena aja
tyyryty

24 08 2010
wawan setiawan

semua itu kehendak yang maha kuasa.klu allah berkehendak semuanya pasti terjadi……amiiiin.

26 08 2010
evan come back

smua itu cuma rekayasa …
klo klian gk prcaya , buka aja situs rekayasa kubah terbang ..
tp ini buat pelajaran kita smua ..
cuma allah yg maha mengetahui…

29 08 2010
ananda berlian salim

kubah mn mngkn bs trbng orng aq ja nglt di silet bhwh klo kubah tu bs trbng trnyta da kwtnya trnyta mngknya jngn ska di prcya coba cap cay dech………………………………….

2 09 2010
taufik.y

kubah mesjid itu hanyalah mistik belaka

23 09 2010
hmmm

anggap saja, kubah itu di tarik. mestinya kubahnya gak usah jauh2 mending di simpan di bawah tiang kemudian ditarik keatas. gak usah ambil jarak jauh sekali. lagian kalo dianggap di tarik tali yg narik kok gak kelihatan? yg nampak tali di bawahnya saja, bagaimana teknik nariknya?

untuk lebih jelasnya bisa datang ke kecamatan/atau desa tersebut ketemu langsung dengan aparat pemerintah yg ada disana untuk membuktikannya. karena aparat pemerintah disana tidak mungkin tidak mengerahui proses penaikan kubah tersebut.

9 10 2010
ahmad

Kok pada sibuk cari kebenarannya sich ?? biarlah gak perlu diperpanjang lagi tentamg benar tidaknya… yang pasti yang harus dilakukan apabila anda muslim adalah segeralah melaksanakan semua perintahnya dan menjauhi semua larangannya.. !! berbuat dan bekerja untuk Agama Islam… itu menurut say yang paling penting. kegaiban itu ada dalam islam tp Tuhan juga menyuruh kita untuk berpiki terhdap tanda-tandan-Ny

21 11 2010
apaaja

biar trbang bneran q ga heran paling juga sihir.

9 01 2011
Van Oke

gak usah ribut yg penting tetep yakin klo Allah berkuasa atas segalanya,,, ,

17 01 2011
Perkembangan agama islam pada zaman pertengahan | h4id412

[...] kubah terbang [...]

27 04 2011
kubah

Wah analisanya jeli juga ya Pak. Yang bikin penjelasannya masuk akal (ditarik tali) karena kubahnya gak terlalu besar. Coba kubahnya Istiqlal bisa diterbangkan gitu…

16 05 2011
ismu

wahh , baru sj sy maw posting kubah terbang di blogku..tp sudah ada penjelasnnya disini ! saksi matanya mana yah ?

6 06 2011
Farid

Saya paling sulit untuk percaya hal2 yang diluar masuk akal, awalnya membaca analisa ini sedikit percaya tetapi setelah mencoba menganalisa sendiri, saya bisa menggugurkan analisa Anda karena analisa anda yang salah, dengan alasan:
1. Perhatikan kabel listrik yang ada, kabel listrik yg tidak terlalu besar saja terlihat kamera, masak untuk mengangkat kubah harus dipersiapkan tali yang lebih kecil ??
2. Sanggahan saya pertama mungkin masih tidak membuat Anda puas, tapi untuk yang kedua ini Analisa anda benar2 tidak bisa dibenarkan yaitu tidak mungkin benda yang besar dan berat ditarik dengan tali bisa berjalan lurus banget, sesuatu benda yang ditarik dg tali yang melintang akan berbentuk kurva perjalanannya, tali tanpa beban aja tidak bisa lurus banget jika ditarik sekuat tenaga sampai lurus apalagi di berikan beban yang sangat berat, jangankan tali, besi saja masih melengkung kok jika diberi beban ditengahnya, tapi perhatikan jalannya kubah lurus banget, seharusnya kubah jalannya melengkung sedikit kebawah trus naik keatas karena adanya gravitasi bumi.
3. Demikian analisa saya menggugurkan analisa Anda

11 03 2012
neisha

sbenarnya yg paling mudah tinggal kontak aja DKM mesjidnya dan saksimata?apa sbenarnya yg terjadi?daripada beranalisa yg g pasti dari kjauhan ? he3, klo sy yakin bagi Allah mdah bngeut, tpi penjelasan tehnik sy jga percaya

25 09 2011
Kusnul Arifah

udah lah, nanti lama2 anda2 ini yang diterbangkan….

18 12 2011
Bayu himawan

Kalo saya bingung nya , kenapa kalo di tarik pake tali kelihatannya terbang kaya make baling – baling bambu …????

28 08 2012
gunawan

kalian lihat talinya kalaw dia pakai tali sebepa panjang talinya dan siapa yang opratorkan talinya….

dan coba juga kalian lihat posisi talinya menegang ataw kendor… kalaw pakai tali pasti talinya di atas bukan di bawah…..

maaf kalaaw saaya sok taw…. tp kalaw mesin bisa saaajaa ….
lihat mainan pesawat terbang ataw helikopter… bisa di terbangkan dengan remot…..tp kalaw dengan tali gak mungkin,,,,

29 08 2012
heri

Allah maha besar. memutarkan bumi dan seisinya aja bisa, apalagi kubah yang kecil seperti itu..

23 09 2012
m.ikhsan thohiri

biar terbang biar enggak, kok repot mikir! wong hanya rekaman video saja diributkan. mikir besok caranya buat beli pulsa yang mau habis, kalau habis nggak bisa internetan kapok.

21 10 2012
nufus

Namanya ilmu brow .
Semua ada di akal dan pikiran .
Sifatnya mistis di akal td .. Supaya kelihatan kekuasaannya pa lagi di bareng i lafadznya .
Lau di dunia psti akal buatan manusia … Ilmu td dari tuhan yg maha esa .
Ilmu pnya tuhan di kembangkan oleh manusia .

24 11 2012
analisa usaha

Spot on with this write-up, I actually believe that this amazing site needs a great deal more attention. I’ll probably be back again to read through more, thanks for the advice!

25 11 2012
analisa peluang usaha

Spot on with this write-up, I truly feel this amazing site needs a great deal more attention. I’ll probably be returning to see more, thanks for the advice!

5 01 2013
faisalrosyadi

kalau pake tali kenapa kubahnya bisa berputar-putar gitu…. gimana caranya coba? kalau pake tali kan harusnya tidak muter-muter otomatis tali jadi ikut melilit di kubahnya

31 01 2013
prabowo

kepercayaan dan keyakinan bukan untuk di debatkan, karena letak atau tempat dan arti dari kepercayaan dan keyakinan juga kalian semua pasti belum tau atau mengerti apalagi paham..maka pelajari dan cari dulu dimana letaknya..jangan langsung menyampaikan yang tdk dipahami….

4 04 2013
septo

kalau kopinya kurang.,.
aku ada jual kopi.,cibuu nyachh.,.,

8 05 2013
anunkaseppasundan

misterinya masih belum terungkap,
LIHAT BUNG ADMIN ANATRA JARAK TALI DAN KUBAH ITU BERBEDA, ANDA MENGKLISE/NEGATIFKAN TETAP SAJA ADA JARAK ANTARA KUBAH YANG TERBAG DENGAN TALI, GIMNA SIH ANALISANYA BODOH BANGET. LOGIKA SJA, KUBAH ITU BESAR DAN BERAT, SMNTRA YANG ANRIK BERTUMPU PADA APA, SMNTRA KEKUATAN MASA BERAT KUBAH ITU BESAR SMNTRA YG NARIK PAKE APA ???

27 05 2013
Ki Babah Nuri

nggak ada satu pun kubah yang dibuat beratnya ribuan kg,.. jelas bohong banget.. hoaax.. hahahaa… Kubah masjid rata-rata dibuat dari alumunium stanleess… atau seng stenleess.. dengan rangka di dalam kubah terbuat dari alumunium juga,.. atau baja ringan untuk yg ukuran besar.. banter-banter yaaah paling 30 s/d 50 kg untuk yg kecil s/d sedang (atau di bawah itu).. dan 70-80 kg untuk yang besar. Silahkan datang maen-maen aja langsung ke tukang buat kubah. Buktikan sendiri… mana ada yang ribuan kg.. hahahahaa.. dijamin IMB nya gak bakalan dikeluarin kalo kubah tertalu berat,.. bisa berbahaya rubuh saat gempa karena bangunan penyangga (tower) nya tdk sanggup menahan beban. YANG menjadi mistik dalam proses ini adalah RITUAL saat menaikkan kubah itu ke tower… itu aja yg bikin MISTIK… hahahhahaaa :D,.. masalah JIN… yaah jelas banget ama prinsip manusia… mana ada JIN BEKERJA di tonton orang banyak gitu…. hahahahhaaa :D emang JIN mau jadi artis..??

4 08 2013
faiz

naudzu billah min dzalik, bgmana bila anda prnh bertemu Nabi, lalu ia berkata, bila dlm 1 malam, ia menunaikan isro’ mi’roj, apakah jg akan anda analisa? Naudzu billah min dzalik.

14 08 2013
silentbacot

menurut saya: kalo di bilang menggunakan tali baja, tuh kubahnya kan kecil, paling beratnya sekitar 50kg-100kg, ngapain repot2 menggunakan tali baja…?
dengan tali tambang aja di tarik dari bawah menara sudah bisa.
repot bener pengurus mesjidnya harus menyediakan tali baja dan mengikatnya dengan sangat kencang pada ujungnya…,hanya untuk mengangkat sebuah kubah kecil…….!

kubah terbang mungkin saja, di indonesia hal yang berbau mistik sangat banyak, sampai2 hal mistik tersebut membawa kedok agama yang ujung2 nya menjadi musrik, sebagai umat islam menurut saya hal tersebut tidak serta merta langsung membuat kita beranggapan itu adalah kekuasaanya.

banyak hal mistis lainnya yang ada di indonesia kan,
bambu gila dari ambon atau mayat berjalan dari toraja.

7 10 2013
suckerthinker

coba baca artikel ini :
Analisa logis dari Analisa video Kubah terbang menggunakan tali

http://suckmagination.blogspot.com/2013/10/analisa-logis-dari-analisa-video-kubah.html

26 02 2014
denia_arie

kalau di tarik pakai tali sepertinya tdk akan mengambil jarak terlalu jauh dari obyek(menara). akan lbh menghemat tali dan juga tenaga apabila kubah di kerek dari bawah menara langsung ke atas. yg jd pertanyaan adalah mengapa harus ambil jarak terlalu jauh dari menara utk menaikkan kubah tsb ke atas. informasi lainnya yg sy tahu adalah konon ribuan santri di perintahkan utk sholat tahajud dan berpuasa selama tiga hari. kalau sdh org2 sholeh meminta tolong langsung pd Allah maka tdk akan ada yg bs menghalangi antara mereka dengan Rob nya. Wallahu alam bishawab…

27 02 2014
pulau pari

apa un masalahnya dan berita yang penting tetap punya IMAN

24 03 2014
Juhro

Tuan rumahnya mas atawa akang fajar ya?
Okelah, saya tertarik dengan analisa anda, saya mengerti, dan saya tidak membantah atau mengakuinya.
Yang saya heran, isi tulisan sama komentar kok lebih panjang komentar ya, jempol saya sampe pegel menggeser layar ke atas.
Terus terang saya baru dapet blog menarik, izin bookmark dan saved page, buat dibuka di pc.
Btw saya juga doyan ngopi (trus?)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: