Ada Nostalgia Saat Mendengarkan Lagu Soundtrack Anime Ini

18 05 2008

Saya baru mendapatkan file mp3 lagu ini setelah bertahun-tahun mencarinya di Internet. Judulnya ‘Real’. Dinyanyikan oleh Shifo. Merupakan lagu penutup dari serial anime Dual!: Parallel Trouble Adventure. Sebuah anime bertema mecha. Mirip-mirip Evangelion. Ya, bukan sebuah anime mainstream. Tidak setenar Naruto atau Samurai X. Anime ini pernah ditayangkan oleh SCTV pada tahun 2001 (7 tahun yang lalu).

Kenapa Nostalgia? Lagu ini (juga animenya) mengingatkan kembali pada kehidupan SMP, dimana saat itu saya baru pindah sekolah dan sedang beradaptasi dengan lingkungan barunya. Selain itu lagu ini tentunya juga mengingatkan kembali pada kisah dari animenya sendiri, dimana saya selalu bergegas pulang ke rumah hanya untuk duduk di depan TV dan menyaksikan kisah anime Dual!.

Dual! bercerita tentang seorang anak sekolah biasa yang pada suatu hari tiba-tiba terlempar ke sebuah dunia paralel yang mirip dengan dunia asalnya. Hanya saja di dunia ini terdapat world government. Selain itu beberapa teknologinya pun lebih maju. Anehnya, anak tersebut sebenarnya tidak pernah ada di dunia paralel ini. Orang-orang yang ia kenal di dunia asalnya, tidak mengenal dia sedikitpun. Di dunia paralel tersebut, sedang terjadi peperangan mecha. Singkat cerita, anak tersebut ternyata memiliki bakat untuk menjadi pilot dari sebuah mecha (tema the chosen one’). Akhirnya ia pun ikut berperang. Sambil terus berharap supaya bisa kembali lagi ke dunia tempat asalnya.

Sedih, seru, lucu, mengharukan, semuanya ada di anime ini. Sayangnya (seperti biasa) SCTV tidak menamatkannya, hingga saya tidak tahu lagi bagaimana kelanjutan jalan ceritanya. Dicari VCDnya pun tidak ada yang menyediakan.

Bila Anda ingin tahu seperti apa anime Dual! ini, ada klip video ending songnya di Youtube, ini [linknya]. Dimainkan berbarengan dengan lagu Real. Video yang cukup bagus, cocok dengan irama lagunya dan mencerminkan perasaan hati si karakter utamanya.

Sedangkan lagunya sendiri bisa didownload di [sini] tapi sebelumnya harus mendaftar dulu di [sini]. Download deh lagunya. Meskipun bertempo lambat dan berkesan sedih, lagunya tetap enak didengarkan. Berikut liriknya (sayang sekali saya tidak menemukan terjemahannya):

nakameru sora no shita, sorezore no mainichi ga meguru
kagayaku hoshi no shita, sorezore no omoi ga machi o terashite iru
boku wa taikutsu na no ni, nakete kurunda
ki ga tsuite nai ne, boku ga itsu mo omou koto

kikoete iru yo, todoite iru yo, boku no naka no sekai de
tsuyogari dakedo, sunao ni narezu, itsu mo karamawari suru
demo daiji na no wa, “ima, soba ni iru, kimi no REAL”

iki kau hitobito ga, me no mae o toori sugite yuku
zawameku kaze no ne ga, kikioboe no aru koe o, boku ni hakobu
konna mainichi na no ni, tada, tsurenainda
ki ga tsuite nai ne, boku ga kimi o omou koto…

wakaranai koto, kiite miru koto, kotoba ni suru to naze ka
susumitai no ni, susumitai no ni, itsu mo karamawari suru
demo kotae wa, tada, “ima, soba ni iru, kimi ga REAL”

kikoete kuru yo, todoite kuru yo, boku no naka no sekai de
aitai koto mo, aenai koto mo, kokoro ni wa kakaeteru
demo daiji na no wa, “ima, soba ni iru, kimi no REAL”

UPDATE: Ada versi akustiknya juga di [sini]

Aksi

Information

30 responses

18 05 2008
indra

met nostalgiaan

18 05 2008
GR

Saya jarang nonton anime2an.. Tp kalo lagu mah lumayan mending..
Hmm… lagunya mellow y? Tar tak donlot ahh…

*penikmat lagu marshMellow* :D

18 05 2008
natazya

biar saja biar wajahku begini
ta peduli oh ta oh ta perlu kutangisi
karna aku
sebab aku
memang aku CANDYYYYYYY

*kangen Therius*

19 05 2008
nengthree

suka anime?

19 05 2008
nengthree

sama atuh.. tapi.. ah ga jadi moal beja2..

25 05 2008
Gm.

@indra
Udah enggak. :mrgreen:

@Gie
Silakan, silakan. Ada versi akustiknya juga tuh.

@nata
Soundtrack Candy-candy kah itu? Therius apa ya? :mrgreen:

@nengthree
Suka sih, tapi hanya beberapa. Tidak setiap anime. :mrgreen:

27 05 2008
Raffaell

oh ya ?
ga inget kalo ada yang ginian di escetepe….
hehehehe,,

30 05 2008
Fajar GM

Ya, memang gak terkenal, dulu pernah ditayangkan, sekitar pertengahan tahun 2001. Atau…. situ belum lahir kali, jadi gak tau. :mrgreen:

2 06 2008
DensS cessario

Oh karena Soundtrack Anime, kalo gw malah Soundtrack Game juga pernah bikin gw rindu dan gw install lagi itu game jadul butut lama tapi gara2 denger soundtracknya mengingat masa lalu. Game tsb adalah: Red Alert 2 (tau nda?)

Gw juga baru nemu soundtrack langka Great Teacher Onizuka yang ‘Onizuka Bouhatsu e no Prologue’ << super langka bo! (langka judulnya wkwkwk) gw kira judulnya ‘Onizuka Impossible.

Limewire 15 73H PWNZ0RD!!!11!one

3 06 2008
Fajar GM

Gw tau tuh, command & conquer kan? Pernah main, dulu bgt.

Kalo gw download soundtrack-soundtrack kayak gitu seringnya di gendou.com atau gh.ffshrine.org atau bluelaguna.net lengkap semua tuh.

25 06 2008
louisgals

thanx btg…………
gw jg udh nyari2 nih lagu,, udh bongkar2 situs..
akhirnyaaaaa…
gw jg ada nostalgia ma nih lagu

29 08 2008
fla

wah nih anime gw jg tau ini jaman gw SD kls 3 ato 4 hehehe

30 08 2008
fla

nih gw dpt terjemahannya tp inggris

眺める空の下 それぞれの毎日が巡る
輝く星の下 それぞれの思いが街を照らしている
僕は退屈なのに 泣けてくるんだ
気がついてないね 僕がいつも思うこと
under the sky gazing at it, our everydays keep going on
under the shining stars, our thoughts light up the streets
even though i’m bored, i shed tears
i didn’t notice, i’ve been thinking all along

聞こえているよ 届いているよ
僕の中の世界で
強がりだけど 素直になれず
いつも空回りする
でも大事なのは
「今 側にいる 君のReal」
i can hear you, i am reaching to you
through the world inside of me
its just a show of courage, i can never really be
my efforts always end up in vain
but whats important is
“now i’m beside you, and your Real”

行き交う人々が 目の前を通り過ぎてく
ざわめく風の音が 聴き覚えのある声を 僕に運ぶ
こんな毎日なのに ただ詰めないんだ
気がついてないね 僕が君を思うこと……
the people who come and go, just pass by before my eyes
the sound of the rustling wind carries to me that voice i recognise
even on days like this, i’m just feeling a little unwell
i didn’t notice, i’ve been thinking of you……

分からないこと 聞いてみること
言葉にすると何故が
進みたいのに 進みたいのに
いつも空回りする
でも 答えは ただ
「今 側にいる 君がReal」
things i don’t understand, things i try to hear
that turn into words and reasons
i want to move on but, i want to move on but
my efforts always end up in vain
but the answer is only
“now i’m beside you. and you are Real”

聞こえてくるよ 届いてくるよ
僕の中の世界で
会いたいことも 会えないことも
心には抱えてる
でも 大事なのは
「今 側にいる 君のReal」
i’m getting to hear you, i’m starting to reach you
through the world inside of me
even as i want to meet, even if we cannot meet
i still carry it inside my heart
but whats important is
“now i’m beside you, and your Real”

でも 大事なのは
「今 側にいる 君のReal」
but whats important is
“now i’m beside you, and your Real”

1 09 2008
Fajar GM

@fla
Wah, thanks banget, akhirnya dapet juga terjemahannya.

3 09 2008
fla

hahaha sama2, mas bs terjemahin ke bhs indo ga gw bingung liat inggris pusink hahahaha klo bs tolong post disini lagi yaa thx

3 09 2008
Fajar GM

Di bawah langit yang kita pandangi bersama, hari-hari kita terus berlalu
Di bawah bintang yang bersinar, pemikiran kita menerangi jalanan
Walaupun aku bosan, kuteteskan air mata
Aku tidak menyadarinya, aku terus memikirkannya

Aku bisa mendengarmu, aku sedang menuju dirimu
Melalui Dunia yang ada di dalam diriku
Ini hanyalah sebuah pertunjukan keberanian, aku tidak pernah benar-benar menjadi seperti itu
Usahaku selalu berakhir dengan sia-sia
Tapi yang terpenting adalah
“Sekarang aku di sampingmu, dan kau Nyata

Orang-orang yang datang dan pergi, hanya singgah di pandanganku
Angin yang datang berdesir membawa suara yang ku kenali
Bahkan di hari-hari seperti ini, aku hanya merasa sedikit tidak baikan
Ku tak menyadarinya, aku terus memikirkanmu…

Hal-hal yang tak kumengerti, hal-hal yang kucoba untuk mendengarkannya
Yang berubah menjadi kata-kata dan alasan
Aku selalu ingin pergi, tetapi
Usahaku selalu berakhir dengan sia-sia
Tapi jawabannya hanyalah
“Sekarang aku di sampingmu, dan kau Nyata

Kucoba untuk mendengarmu, kucoba untuk mencapaimu
Melalui dunia di dalam diriku
Walaupun kita bisa bertemu, walaupun kita tidak bisa bertemu
Aku masih membawanya di dalam hatiku
Tapi yang terpenting adalah
“Sekarang aku di sampingmu, dan kau Nyata

Tapi yang terpenting adalah
“Sekarang aku di sampingmu, dan kau Nyata

3 09 2008
Fajar GM

Weleh, koq banyak yang gak nyambung ya? :?

4 09 2008
fla

hahaha gpp ga nyambung thx ya ud di translet hahaha sekali lagi thx…

4 09 2008
fla

btw gw cmn mau tau arti dr lagu ini, emg klo dinyanyiin ga nyambung hrs ad yg jago musik utk di arensmen ulang hahaha

17 12 2009
ilham

Wah, akhirnya ketemu juga. udah lama gw cari ni lagu. Thanks tak terhingga bro…… Nostalgila…..

22 12 2009
pANMa

Lagu ini pembangkit semangat aku waktu SMA !!!! aq pecinta anime banget bos!!! apalagi anime yg satu ini!!! perasaan aku aneh banget waktu ngedengerin lagu + film nya!!!

11 02 2010
payoftoof

Hi Ya’ll!

Did You make any new years resolutions?

Cheers…

Miss Betty Vernon
~ Austin Area Birthing Center

17 10 2010
dedy

kalau lagunya dual!parallel trouble adventure yang versi inggris di veoh itu judulnya apaan ya? mohon bantuannya…

5 02 2012
dchoggia14

Kalau saya lebih suka yang lagu pembukaannya karena lebih semangat liriknya.Baru saja beberapa hari yang lalu lihat lagi anime ini, ingin rasanya kembali ke masa lalu ketika masih banyak anime bagus yang ditayangkan di Indonesia. Maaf kalau komentar saya seperti spam karena topiknya sudah cukup lama.

20 03 2012
Khamda

iya mass,, setujaaaa bagus bangett lagunyaaaa.. sendu aendu gimanaa gituuu :D

FIVE STAR DAHHH :D

2 07 2012
Yudhi

Trims banget, udah lama kucari baru dapat sekarang…
kayaknya seperti ada semangat baru, dan karakter pemainnya masuk banget.

18 10 2012
Syafiuddin Gubix

Akhirnya…….
Setelah bertahun2 nyari ini dengan bermodal hafal lyricnya dikit secara asal2an *waktu itu belum pernah belajar bahasa jepang*
Ketemu juga di sini.
Sankyu Gan

29 03 2013
fadilah rahman

alhamdu’lillah, kgk nyangka bsa dnger lagu nye n liat cuplikan nye lg,,,
smpet gk bkal ngira bkal kesampean,,,
trimakasih bngt dah bwt link nye

3 05 2013
Debbie

Yesterday, while I was at work, my cousin stole my iphone and tested to see if it can survive a 30 foot drop, just so she can
be a youtube sensation. My apple ipad is now broken and she has 83 views.

I know this is totally off topic but I had to share it with someone!

21 12 2013
Miumiu

Anime yg buat saya bela2in nntn pas plng skolah sd , syngnya nntn separo2 tau2 gk tayang lagi , cm ingat judulnya dual , akhirnya ktmu …

Makasih mas :)
#nostalgia

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

